PROGRAM KERJA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) MTs NEGERI TANGGEUNG
TAHUN PELAJARAN 2015-2018
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan Madrasah
Tsanawiyah di KKM MTs Negeri Tanggeung pada umumnya perlu ditingkatkan,
mengingat masih perlunya dukungan sumber daya pendidikan yang memadai dan
perlunya ditunjang oleh fasilitas yang memadai diantaranya, penyediaan buku
paket/pegangan siswa, media pembelajaran seperti LCD pembelajaran laptop,
sarana ibadah yang refresentatif. Hal ini menunjukkan adanya permasalahan
pendidikan yang masih memerlukan perhatian. Bukti bahwa masih terdapat
masalah pendidikan di Kabupaten Cianjur, antara lain ditunjukkan
bahwa masih belum terpenuhinya 9 hasil yang diharapkan.
Permasalahan tersebut tidak lepas dari tanggung jawab
guru sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan. Persoalannya adalah belum semua
guru tersentuh oleh pelatihan guru terkait dengan memenuhi 9 hasil yang
diharapkan. Kompetensi guru belum berkembang secara optimal dikarenakan
kurang adanya bimbingan dan informasi terkinii dalam yang sesuai dengan 9 hasil
yang diharapkan. Sebenarnya kegiatan guru di kelompok MGMP tetap
berlangsung dengan memberdayakan tenaga yang ada (tutor sesama guru). Namun,
belum ada sentuhan dari pihak yang lebih kompeten di bidang pembelajaran dan
penilaian, misalnya dari LPMP sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan.
Terkait dengan kondisi kompetensi guru seperti
digambarkan di atas, MGMP PAI MTS KKM MTs Negeri Tanggeung tidak tinggal
diam dan puas dengan keadaan tersebut. Pengurus memiliki komitmen untuk berubah
maju untuk menggapai yang lebih baik. Ke depan, MGMP PAI MTS KKM MTs
Negeri Tanggeung akan lebih memanfaatkan
sumber daya yang lebih kompeten untuk meningkatkan kompetensi guru PAI dalam
hal ini sesuai dengan 9 hasil yang diharapkan melalui
kegiatan brainstorming, ceramah, tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop,
serta simulasi.
Selama ini pendanaan kegiatan MGMP PAI MTS KKM
MTs Negeri Tanggeung dilakukan secara mandiri, dari iuran anggota dan sedikit
mendapatkan bantuan dari sekolah induk anggota yang berupa uang transpot. Jika
harus mengadakan kegiatan yang memerlukan narasumber dari luar masih kekurangan
dana pendukung. Oleh karena itu, MGMP PAI MTS KKM MTs Negeri Tanggeung berharap untuk mendapatkan bantuan dana
langsung (block grant) melalui program BERMUTU.
B. Tujuan
Tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan MGMP PAI MTS KKM
MTs Negeri Tanggeung adalah sebagai berikut:
1.
Tujuan Umum
Untuk meningkatkan profesionalitas guru PAI MTS KKM
MTs Negeri Tanggeung dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam
meningkatkan kinerja guru.
2.
Tujuan Khusus
1)
Memahami berbagai peraturan
dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan propfesionalitas
guru;
2)
Memahami tentang mikanisme dan
prosedur penilaian kinerja guru (PKG);
3)
Memahami tentang dan prosedur
pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB);
4)
Memahami isi dokumen yang terkait
dengan penilaian kinerja guru;
5)
Mampu mengidentifikasi aktifitas
guru yang segnifikan reterkait dengan kinerjanya;
6)
Dapat mengamati kinerja guru dan
berdasarkan hasil pengamatannya dapat memberikan rekomendasi atau saran
perencanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan;
7)
Mampu menerjemahkan hasil
pengamatan kinerja guru kedalam bentuk angka berdasarkan kriteria atau
indikator tiap kompetensi;
8)
Mampu memberikan rekomendasi
sumber-sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru dalam peningkatan
kompetensinya;
9)
Dapat menstranfer secara efektif
pemahaman tentang mikanisme dan prosedur penilaian kinerja guru dan
pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) kepada calon penilai kinerja guru;
10) Dapat melakukan penilaian peserta pelatihan penilaian kinerja
guru secara efektif;
11) Mengetahui permasalahan umum yang dihadapi guru dan mampu
memberikan solusi dalam penyelesaiannya;
C. Hasil Yang
Diharapkan
Diharapkan setelah melaksanakan kegiatan MGMP PAI MTS KKM
MTs Negeri Tanggeung dapat:
- Memahami berbagai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan profesionalitas guru;
- Memahami tentang mikanisme dan prosedur penilaian kinerja guru (PKG);
- Memahami tentang mikanisme dan prosedur pengembangan keprofesiaan berkelanjutan (PKB);
- Memahami isi dokumen yang terkait dengan penilaian kinerja guru (PKG);
- Mampu mengidentikasi aktifitas guru yang segnifikan terkait dengan kinerjanya;
- Dapat mengamati kinerja guru dan berdasarkan hasil pengamatannya dapat memeberikan rekomendasi atau saran perencanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan;
- Mampu memberikan rekomendasi sumber-sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru dalam peningkatan kompetensinya;
- Mampu menerjemahkan hasil pengamatan kinerja guru kedalam bentuk angka berdasarkan kreteria atau indikator tiap kompetensi;
- Dapat melakukan penilaian kinerja guru secara obyektif, jujur dan efektif.
D. Sasaran
Menggambarkan 4 aspek:
a. kategori guru berdasarkan
kualifikasi akademik
b. kategori guru berdasarkan
kompetensi
c. Kategori kondisi sekolah tempat
guru bertugas
d. kinerja guru termasuk angka
kredit yang telah dimiliki
E. Manfaat
Menggambarkan 4 manfaat:
a. meningkatkan kualitas kompetensi
guru
b. meningkatkan kualitas
pembelajaran di sekolah/Madrasah
c. meningkatkan kualitas layanan
pendidikan di kelompok kerja yang bersangkutan
d. meningkatkan kualitas kelompok
kerja
BAB II
DESKRIPSI PROGRAM
A. Strategi dan metode Pelaksanaan
Program
Pelaksanaan kegiatan MGMP PAI di KKM MTs Negeri
Tanggeung berjalan dengan menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya
jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi. Brainstorming
dilaksanakan jika menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera,
sementara fasilitator yang ada belum mumpuni; ceramah dan tanya jawab
interaktif digunakan dalam memahami konsep-konsep yang relatif sukar, tetapi
ada di antara anggota sudah pernah memperolehnya (desiminasi). Sementara,
diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu
yang belum menemukan titik kesamaan persepsi; dan workshop digunakan untuk
merealisasi pemahaman konsep yang sudah menemukan titik temu, selain untuk
menghasilkan berbagai produk diantaranya: silabus, RPP, kisi-kisi soal
semester dan UAS.
B. Sistem Dokumentasi Kegiatan
Sebagai pertangung jawaban terhadap terlaksananya
kegiatan di MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung, seluruh kegiatan mulai dari presensi/absensi,
kontribusi anggota dan sekolah induk, topik/materi bahasan serta narasumber
yang mengampu, dan jalannya kegiatan dicatat dalam administrasi kegiatan MGMP
PAI MTs.
Khusus mengenai pertanggung jawaban keuangan
dicatat/dibukukan dalam bentuk kas dana masuk dan dana keluar. Seluruh
penggunaan keuangan MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung digunakan secara
transparan dan akuntabel dilaporkan kepada anggota dan diketahui oleh pembina
MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung. Laporan keuangan tersebut merupakan bagian dari
laporan seluruh kegiatan MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung.
C. Kualitas Program/Kegiatan MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung tahun
pelajaran 2015-2016
Pertemuan rutin MGMP PAI sebulan satu kali.
Total pertemuan pada semester gasal dan genap adalah 12 kali pertemuan.
PROGRAM KERJA
MGMP PAI MTS KKM MTs NEGERI
TANGGEUNG
TAHUN 2015-2016
No
|
PRORAM KEGIATAN
|
Rencana Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Tanggal
|
Tempat
|
|||
1.
|
Penyusunan Anggaran
Dasar (AD) MGMP PAI MTs
|
12/11/2015
|
MTsN Tanggeung
|
Jadwal dpt berubah
sesuai situasi dan kondisi
|
2
|
Penyusunan Anggaran
Rumah Tangga (ART) MGMP PAI MTs
|
12/11/2015
|
MTsN Tanggeung
|
|
3
|
Penyusunan program
kegiatan
|
|||
4
|
Pembahasan Standar
Isi / KI
|
Guru sudah siap
perangkat
|
||
5.
|
Pembahasan Standar
Kompetensi Lulusan
|
Guru sudah siap
perangkat
|
||
6.
|
Pembahasan Standar
Penilaian dan Teknis Penilaian
|
Guru sudah siap perangkat
|
||
7.
|
Pembahasan Penentuan
KKM/Prota/Prosem
|
Membawa laoptop
|
||
8.
|
Analisis
|
Membawa laoptop
|
||
9.
|
Pembahasan Silabus Kurtilas
|
Membawa laoptop
|
||
10.
|
Pembahasan RPP Kurtilas
|
Membawa laoptop
|
||
11.
|
Pembahasan RPP Kurtilas
Kelas VII
|
Membawa Perangkat
Pembelajaran
|
||
12.
|
Pembahasan RPP Kurtilas
Kelas VIII
|
Membawa Perangkat
Pembelajaran
|
||
13.
|
Pembahasan RPP Kurtilas
Kelas X
|
Membawa Perangkat
Pembelajaran
|
||
14.
|
Pembahasan Metode dan
Model Pembelajaran
|
Membawa
laptop
|
||
15.
|
Penyusunan
kisi-kisi dan kartu soal semester
|
Membawa kisi-kisi
soal
|
||
16.
|
Penyusunan kisi-kisi
soal UAS
|
Membawa kisi-kisi
soal
|
||
D. Frekwensi Kegiatan
Frekwensi kegiatan MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung selama
satu tahun rata-rata dilakukan sebanyak 1 (satu) kali dalam sebulan kecuali
pada bulan Pebruari dan Maret kegiatan MGMP dipadatkan mengingat akan
dilaksanakan UAS dan UN pada bulan April.
E. Keterlibatan Peserta
Keterlibatan peserta dalam kegiatan MGMP PAI KKM MTs
Negeri Tanggeung dalam satu tahun (dua semester) diwajibkan setiap sekolah
mengutus guru PAI
F. Gambaran Alasan Pelaksanaan
Program
Pelaksanaan program kegiatan MGMP PAI KKM MTs Negeri
Tanggeung Telah mengacu kepada peningkatan mutu pendidikan seperti yang tertera
pada program tahunan.
G. Tempat Pelaksanaan
Pelaksnaann kegiatan MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung
dipusatkan di MTs Negeri Tanggeung Kab. Cianjur, selanjutnya di tempatkan pada
sekolah secara bergiliran berdasarkan persetujuan dengan guru PAI yang mengajar
pada sekolah tersebut.
H. Anggaran
Anggaran pelaksanakan kegiatan MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung dibebankan pada iuran anggota dan sumbangan
lainnya yang tidak mengikat.
BAB III
P E N U T U P
Demikian gambaran singkat kegiatan program kerja MGMP
PAI KKM MTs Negeri Tanggeung tahun pelajaran
2015-2016, semoga kegiatan-kegiatan tersebut dapat terlaksana sesuai dengan
rencana pelaksanaannya, dan pengurus mengharapkan bantuan dari berbagai pihak
baik moril maupun materil demi terlaksana dan suksesnya kegiatan-kegiatan MGMP
PAI MTs Tingkat KKM. Segala bantuan dari berbagai pihak tak lupa pengurus
ucapkan terim kasih.
Wassalamu
Alaikum Wr. Wb.
Visi :
Mewujudkan Guru PAI MTs yang profesional dilandasi dengan keimanan dan keikhlasan
Misi:
1. Meningkatkan tali
silaturahim antara pengurus MGMP dengan GPAI
2. Meningkatkan kemampuan GPAI
dalam menyusun perangkat pembelajaran
3. Meningkatkan kemampuan GPAI
dalam melaksanakan program pembelajaran
4. Meningkatkan Kemampuan GPAI
dalam menyusun karya ilmiah
NO
|
NAMA
|
JABATAN
|
TEMPAT TUGAS
|
1
|
Drs. E. SUHERMAN,M.MPd
|
Ketua
|
MTsN Tanggeung
|
2
|
ASEP MUHTAR,S.Ag
|
Wakil Ketua
|
MTsN Tanggeung
|
3
|
UUS KUSWANDI,S.Pd
|
Sekretaris
|
MTsN Tanggeung
|
4
|
IDA ROYANI,S.Ag.M.MPd
|
Bendahara
|
MTsN Tanggeung
|
5
|
SEP AHMAD SALIKIN,S.Ag,M.MPd
|
Koordinator
Qurdis
|
MTsN Tanggeung
|
6
|
EUIS HIKMAWATI .P,S.Ag
|
Koordinator Fikih
|
MTsN Tanggeung
|
7
|
AGUS MAJID,S.Ag
|
Koordinator SKI
|
MTsN Tanggeung
|
8
|
SUNANDAR,S.Pd.I
|
Koordinator Akidah
|
MTs Al-Muthmaninnah
|
9
|
KAMALUDIN,S.Pd.I
|
Litbang
|
MTs Al-Ma’arif
|
10
|
IPAH,S.Ag
|
Kurikulum
|
MTs Miftahul Huda
|
11
|
JUNA,S.Ag
|
Humas
|
MTsN Tanggeung
|
12
|
|||
13
|
|||
14
|
|||
15
|
Assalamualaikum pak, kami baru akan memulai kegiatan MGMP PAI dan bahasa arab di KKM tempat ,madrasah saya berinduk tulisan dalam artikel ini sangat membantu saya dalam menyusun program kegiatan tersebut. terimakasih
BalasHapus