Selasa, 17 November 2015

PROGRAM KERJA MGMP PAI KKM MTSN TANGGEUNG




PROGRAM KERJA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP)      PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) MTs NEGERI TANGGEUNG        
TAHUN PELAJARAN 2015-2018

BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Pendidikan  Madrasah Tsanawiyah di KKM MTs Negeri Tanggeung pada umumnya perlu ditingkatkan, mengingat masih perlunya dukungan sumber daya pendidikan yang memadai dan perlunya ditunjang oleh fasilitas yang memadai diantaranya, penyediaan buku paket/pegangan siswa, media pembelajaran seperti LCD pembelajaran laptop, sarana ibadah yang refresentatif.  Hal ini menunjukkan adanya permasalahan pendidikan yang masih  memerlukan perhatian. Bukti bahwa masih terdapat masalah pendidikan di Kabupaten Cianjur,  antara lain ditunjukkan bahwa  masih belum terpenuhinya 9 hasil yang diharapkan.

Permasalahan tersebut tidak lepas dari tanggung jawab guru sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan. Persoalannya adalah belum semua guru tersentuh oleh pelatihan guru terkait dengan memenuhi 9 hasil yang diharapkan. Kompetensi guru  belum berkembang secara optimal dikarenakan kurang adanya bimbingan dan informasi terkinii dalam yang sesuai dengan 9 hasil yang diharapkan. Sebenarnya kegiatan guru di kelompok MGMP tetap  berlangsung dengan memberdayakan tenaga yang ada (tutor sesama guru). Namun, belum ada sentuhan dari pihak yang lebih kompeten di bidang pembelajaran dan penilaian, misalnya dari LPMP sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan.

Terkait dengan kondisi kompetensi guru seperti digambarkan di atas, MGMP PAI MTS KKM MTs Negeri Tanggeung tidak tinggal diam dan puas dengan keadaan tersebut. Pengurus memiliki komitmen untuk berubah maju untuk menggapai yang lebih baik. Ke depan, MGMP PAI MTS KKM MTs Negeri Tanggeung  akan lebih memanfaatkan sumber daya yang lebih kompeten untuk meningkatkan kompetensi guru PAI dalam hal ini sesuai dengan 9 hasil yang diharapkan  melalui kegiatan brainstorming, ceramah, tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi.

Selama ini pendanaan kegiatan MGMP PAI MTS KKM MTs Negeri Tanggeung dilakukan secara mandiri, dari iuran anggota dan sedikit mendapatkan bantuan dari sekolah induk anggota yang berupa uang transpot. Jika harus mengadakan kegiatan yang memerlukan narasumber dari luar masih kekurangan dana pendukung. Oleh karena itu, MGMP PAI MTS KKM MTs Negeri Tanggeung  berharap untuk mendapatkan bantuan dana langsung (block grant) melalui program BERMUTU.

 B.   Tujuan
Tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan MGMP PAI MTS KKM MTs Negeri Tanggeung adalah sebagai berikut:
1.        Tujuan Umum
Untuk meningkatkan profesionalitas guru PAI MTS KKM MTs Negeri Tanggeung dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan  kinerja guru.
2.        Tujuan Khusus
1)      Memahami berbagai peraturan  dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan propfesionalitas guru;
2)      Memahami tentang mikanisme dan prosedur penilaian kinerja guru (PKG);
3)      Memahami tentang dan prosedur pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB);
4)      Memahami isi dokumen yang terkait dengan penilaian kinerja guru;
5)      Mampu mengidentifikasi aktifitas guru yang segnifikan reterkait dengan kinerjanya;
6)      Dapat mengamati kinerja guru dan berdasarkan hasil pengamatannya dapat memberikan rekomendasi atau saran perencanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan;
7)      Mampu menerjemahkan hasil pengamatan kinerja guru kedalam bentuk angka berdasarkan kriteria atau indikator tiap kompetensi;
8)      Mampu memberikan rekomendasi sumber-sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru dalam peningkatan kompetensinya;
9)      Dapat menstranfer secara efektif pemahaman tentang mikanisme dan prosedur penilaian kinerja guru dan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) kepada calon penilai kinerja guru;
10)  Dapat melakukan penilaian peserta pelatihan penilaian kinerja guru secara efektif;
11)  Mengetahui permasalahan umum yang dihadapi guru dan mampu memberikan solusi dalam penyelesaiannya;


 C.     Hasil Yang Diharapkan
Diharapkan setelah melaksanakan kegiatan MGMP PAI MTS KKM MTs Negeri Tanggeung dapat:
  1. Memahami berbagai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan profesionalitas guru;
  2. Memahami tentang mikanisme dan prosedur penilaian kinerja guru (PKG);
  3. Memahami tentang mikanisme dan prosedur pengembangan keprofesiaan berkelanjutan (PKB);
  4. Memahami isi dokumen yang terkait dengan penilaian kinerja guru (PKG);
  5. Mampu mengidentikasi aktifitas guru yang segnifikan terkait dengan kinerjanya;
  6. Dapat mengamati kinerja guru dan berdasarkan hasil pengamatannya dapat memeberikan rekomendasi atau saran perencanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan;
  7. Mampu memberikan rekomendasi sumber-sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru dalam peningkatan kompetensinya;
  8. Mampu menerjemahkan hasil pengamatan kinerja guru kedalam bentuk angka berdasarkan kreteria atau indikator tiap kompetensi;
  9. Dapat melakukan penilaian kinerja guru secara obyektif, jujur dan efektif.

D.     Sasaran
Menggambarkan 4 aspek:
a.    kategori guru berdasarkan kualifikasi akademik
b.    kategori guru berdasarkan kompetensi
c.    Kategori kondisi sekolah tempat guru bertugas
d.    kinerja guru termasuk angka kredit yang telah dimiliki

E.     Manfaat
Menggambarkan 4 manfaat:
a.    meningkatkan kualitas kompetensi guru
b.    meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah/Madrasah
c.    meningkatkan kualitas layanan pendidikan di kelompok kerja yang bersangkutan
d.    meningkatkan kualitas kelompok kerja



BAB II
DESKRIPSI PROGRAM


A.    Strategi dan metode Pelaksanaan Program
Pelaksanaan kegiatan MGMP PAI di KKM MTs Negeri Tanggeung berjalan dengan menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera, sementara fasilitator yang ada belum mumpuni; ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami konsep-konsep yang relatif sukar, tetapi ada di antara anggota sudah pernah memperolehnya (desiminasi). Sementara, diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan persepsi; dan workshop digunakan untuk merealisasi pemahaman konsep yang sudah menemukan titik temu, selain untuk menghasilkan berbagai produk diantaranya:  silabus, RPP, kisi-kisi soal semester dan UAS.

B.   Sistem Dokumentasi Kegiatan
Sebagai pertangung jawaban terhadap terlaksananya kegiatan di MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung, seluruh  kegiatan mulai dari presensi/absensi, kontribusi anggota dan sekolah induk, topik/materi bahasan serta narasumber yang mengampu, dan jalannya kegiatan dicatat dalam administrasi kegiatan MGMP PAI MTs.

Khusus mengenai pertanggung jawaban keuangan dicatat/dibukukan dalam bentuk kas dana masuk dan dana keluar. Seluruh penggunaan keuangan MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung digunakan secara transparan dan akuntabel dilaporkan kepada anggota dan diketahui oleh pembina MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung.  Laporan keuangan tersebut merupakan bagian dari laporan seluruh kegiatan MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung.

C.  Kualitas Program/Kegiatan MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung tahun pelajaran 2015-2016
Pertemuan rutin MGMP PAI sebulan  satu kali. Total pertemuan pada semester gasal dan genap adalah 12 kali pertemuan.




PROGRAM KERJA
MGMP PAI MTS KKM MTs NEGERI TANGGEUNG
TAHUN 2015-2016

No
PRORAM  KEGIATAN
Rencana Pelaksanaan
Keterangan
Tanggal
Tempat
1.
Penyusunan Anggaran Dasar (AD) MGMP PAI MTs
12/11/2015
MTsN Tanggeung
Jadwal dpt berubah sesuai situasi dan kondisi
2
Penyusunan Anggaran Rumah Tangga (ART) MGMP PAI MTs
12/11/2015
MTsN Tanggeung
3
Penyusunan program kegiatan


4
Pembahasan Standar Isi /  KI


Guru sudah siap perangkat
5.
Pembahasan Standar Kompetensi Lulusan


Guru sudah siap perangkat
6.
Pembahasan Standar Penilaian dan Teknis Penilaian


Guru sudah siap perangkat
7.
Pembahasan Penentuan KKM/Prota/Prosem


Membawa laoptop
8.
Analisis


Membawa laoptop
9.
Pembahasan Silabus Kurtilas


Membawa laoptop
10.
Pembahasan RPP Kurtilas


Membawa laoptop
11.
Pembahasan RPP Kurtilas Kelas VII


Membawa Perangkat Pembelajaran
12.
Pembahasan RPP Kurtilas Kelas VIII


Membawa Perangkat Pembelajaran
13.
Pembahasan RPP Kurtilas Kelas X


Membawa Perangkat Pembelajaran
14.
Pembahasan Metode dan Model Pembelajaran


Membawa   laptop
15.
Penyusunan  kisi-kisi dan kartu soal semester


Membawa kisi-kisi soal
16.
Penyusunan kisi-kisi soal        UAS


Membawa kisi-kisi soal



D.   Frekwensi Kegiatan
Frekwensi kegiatan MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung selama satu tahun rata-rata dilakukan sebanyak 1 (satu) kali dalam sebulan kecuali pada bulan Pebruari dan Maret kegiatan MGMP dipadatkan mengingat akan dilaksanakan UAS dan UN pada bulan April.

E.    Keterlibatan Peserta
Keterlibatan peserta dalam kegiatan MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung dalam satu tahun (dua semester) diwajibkan setiap sekolah mengutus guru PAI

F.    Gambaran Alasan Pelaksanaan Program
Pelaksanaan program kegiatan MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung Telah mengacu kepada peningkatan mutu pendidikan seperti yang tertera pada program tahunan.

G.   Tempat Pelaksanaan
Pelaksnaann kegiatan MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung dipusatkan di MTs Negeri Tanggeung Kab. Cianjur, selanjutnya di tempatkan pada sekolah secara bergiliran berdasarkan persetujuan dengan guru PAI yang mengajar pada sekolah tersebut.

 H.   Anggaran
Anggaran pelaksanakan kegiatan  MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung  dibebankan pada iuran anggota dan sumbangan lainnya yang tidak mengikat.

BAB III
P E N U T U P
Demikian gambaran singkat kegiatan program kerja MGMP PAI KKM MTs Negeri Tanggeung tahun  pelajaran 2015-2016, semoga kegiatan-kegiatan tersebut dapat terlaksana sesuai dengan rencana pelaksanaannya, dan pengurus mengharapkan bantuan dari berbagai pihak baik moril maupun materil demi terlaksana dan suksesnya kegiatan-kegiatan MGMP PAI MTs Tingkat KKM. Segala bantuan dari berbagai pihak tak lupa pengurus ucapkan terim kasih.

Wassalamu Alaikum Wr. Wb.


Visi :
Mewujudkan Guru PAI MTs yang profesional dilandasi dengan keimanan dan keikhlasan

Misi:
1. Meningkatkan tali silaturahim antara pengurus MGMP dengan GPAI
2. Meningkatkan kemampuan GPAI dalam menyusun perangkat pembelajaran
3. Meningkatkan kemampuan GPAI dalam melaksanakan program pembelajaran
4. Meningkatkan Kemampuan GPAI dalam menyusun karya ilmiah

NO
NAMA
JABATAN
TEMPAT TUGAS
1
Drs. E. SUHERMAN,M.MPd
Ketua
MTsN Tanggeung
2
ASEP MUHTAR,S.Ag
Wakil Ketua
MTsN Tanggeung
3
UUS KUSWANDI,S.Pd
Sekretaris
MTsN Tanggeung
4
IDA ROYANI,S.Ag.M.MPd
Bendahara
MTsN Tanggeung
5
SEP AHMAD SALIKIN,S.Ag,M.MPd
Koordinator  Qurdis
MTsN Tanggeung
6
EUIS HIKMAWATI .P,S.Ag
Koordinator Fikih
MTsN Tanggeung
7
AGUS MAJID,S.Ag
Koordinator SKI
MTsN Tanggeung
8
SUNANDAR,S.Pd.I
Koordinator Akidah
MTs Al-Muthmaninnah
9
KAMALUDIN,S.Pd.I
Litbang
MTs Al-Ma’arif
10
IPAH,S.Ag
Kurikulum
MTs Miftahul Huda
11
JUNA,S.Ag
Humas
MTsN Tanggeung
12



13



14



15



1 komentar:

  1. Assalamualaikum pak, kami baru akan memulai kegiatan MGMP PAI dan bahasa arab di KKM tempat ,madrasah saya berinduk tulisan dalam artikel ini sangat membantu saya dalam menyusun program kegiatan tersebut. terimakasih

    BalasHapus